Rabu, 03 September 2014

Perjalanan suci (karawang-bogor)

Dalam rangka liburan gawe kali ini, gue berencana balik ke kampung kelahiran gue, yang pasti bukan ragunan, taman marga satwa atau pun kebon binatang, asli gue masi satu species dengan lo, lo pada...!!! ..yupz bogoooor.. ini untuk kali ke 2 nya gue balik menggunakan alat transfortasi kereta dari karawang ke bogor, yang biasanya gue pake motor bebek kesayangan gue, karena gue lagi males pake motor karena kudu panas-panasan 5 jam, gue putuskan kali ini pakai transfortasi masal “kereta”.

Perjalan ngga mudah bagi gue untuk pulang dari karawang ke bogor, secara dari karawang itu ga ada jurusan kereta langsung ke bogor. Tapi harus transit pula, karawang ke bekasi, pindah kereta comuter jurusan manggarai, transit lagi dari manggarai ke kereta jurusan bogor. ga Cuma itu keberangkatan dari karawang itu ga kayak kereta comuter bogor-jakarta atau pun sebaliknya, yang tiap 5 menit ada kereta baru, nah loh, di karawang kalau mau ke bogor Cuma ada beberapa jam perjalanan, telat dikit harus nunggu kereta berikutnya 6 jam kemudian. Jadwal yang ada itu jam 05:00 pagi, jam 06:15 pagi, jam 13:00 siang dan terakhir jam 17:00 sore kalo ga salah sih gitu, tidak sampai di situ, sering kali tiket habis sebelum keberangkatan. Seperti hal yang tadi pagi gue alami.

Awal mula, tadi malam gue berencana mau mengambil perjalanan pertama yaitu jam 05:00 pagi karena tadi malam gue balik gawe jam 24:00 gue pun ke siangan, dan bangun jam 05:25, berarti otomatis gue ke tinggalan kereta pertama, nah, berarti tinggal ada 1 perjalanan pagi lagi jam 06:15, saat gue mau mandi terjadi antrian maklum gue ngontrak dengan kondisi kamar mandi di luar dan di pakai 5 kontrakan di samping gue. Gue pun kebagian mandi jam 05:45 kalau gue tau ini bakal kejadian tadi malem sebelum tidur gue taro batu raksasa tepat di depan pintu kontrakan mereka masing-masing, supaya gue bisa mandi duluan, itu bisa menghambat perjalan mereka ke kamar mandi, saat mereka sedang mendaki batu raksasa itu gue dengan leluasa bisa mandi duluan, kalo ngga gue taro binatang buas di depan pintu kontrakan mereka supaya pas pagi mereka keluar kontrakan langsung di kejar-kejar di mangsa dan di jadikan sarapan buat binatang itu, atau opsi terakhir gue taro orang primitif pemakan kepala manusia di depan pintu kontrakan mereka

Oke sebelum otak gue tambah ngaco, kita lanjut,  selesai itu gue berkemas dan baru sadar kalo pakaian gawe gue belum gue cuci, anjrit, bisa telat gue kalo nyuci dulu, gue putusin pending gawean gua buat nyuci, biar lah nanti kontrakan gue bakal bau tumpukan sampah bekasi, yang penting gue ga ketinggalan kereta pagi ini, karena kontrakan gue ga jauh-jauh amat sama stasiun karawang, gue pun setengah berlari ke stasiun dengan harapan masi ada karcis, ternyata hal yang gue khawatirkan terjadi (tiket habis), itu tulisan yang ada di depan loket, mampus.. gimana nih, gua inisiatif nanya satpam yang jaga, “pak karcis abis yah”, “iya mas, karcis nya abis”, mampus lagi gue, gimana gue balik, masa gue harus nunggu nyampe jam 13:00 siang, kebayang naek kreta yang bukan comuter, siang-siang bisa mati kepanasan gue di kereta, belum lagi banyak yang jualan di kereta, dan nyampe rumah pasti sore otomatis jam pulang gawe pasti sesak di kereta, lagi bingung-bingungnya gue di samping loket satpan tadi bilang ke gue, “mas, kalo mau.. minta aja karcis yang turun dari kereta, soalnya stasiun ini kan ga ada pengecekan karcis pas keluar setasiun” nah loh.. ga kebayang sebelumnya harus minta karcis sama orang yang baru turun di stasiun karawang.. emang gue cowo apaan yang kudu ngemis minta karcis bekas pake,

Jam menunjukan pukul 06:14 menit, yang artinya 1 menit lagi kereta dateng, entah setan apa yang merasuki gue akhirnya gue ikutin nasehat satpam salah pergaulan tadi, saat kereta dari jauh mulai terlihat, gue langsung nyari posisi buat ngerampas minta karcis bekas pake dari penumpang yang turun, gue pun latihan sebentar supaya tampan                                                                                                        g gue seakan-akan butuh banget sama tu karcis sialan, setelah gue yakin dengan tampang melas gue, saat kereta perlahan berhenti gue pun mencari korban target ke melasan tampang gua, target gue ibu-ibu, karena gue ngrasa ibu-ibu itu sensitiv dan pasti ngerasa kasian dan iba sama nasib gue dan memberikan karcis bekas pake nya itu. “Bu maaf, boleh minta karcis bekasnya ngga”, beberapa kali gue latihan ngulang-ngulang kata itu sampe kereta pun berhenti, gue harus berhasil dalam beberapa menit sebelum kereta kembali berangkat, saat kereta benar-benar berhenti ada satu potong orang ibu-ibu yang keluar dari kereta dan langsung gue hinggapi datengin, gue langsung ekting dengan muka se sedih-sedihnya, “Bu maaf, boleh minta karcis bekasnya ngga, saya mau ke bekasi, tapi karcis di loket abis”.. (gue ngerasa hina waktu itu).. dengan tampang cuek dan tatapan curiga si ibu itu buru-buru kabur dari hadapan gue sambil megangin tas nya, mungkin dia kira gue tukang hipnotis dan takut dompetnya gue ambil, ternyata prediksi gue salah, ga semua ibu-ibu itu sensitiv, atau mungkin emang muka gue kayak tukang hipnoti yang suka kelayaban saat musim mudik kali yah, gue ga putus semangat, masih ada waktu,  saat ada ibu-ibu turun dari kereta dengan menggendong anak kecil gue langsung samperin dengan percaya diri dan berlari membabi buta saat udah depan-depanan gue ungkapin semua prasaan masalah gue, kalau dari kejauhan mungkin gue di kira sedang nembak ibu-ibu beranak satu yang baru turu dari kereta, O-M-G betapa hina nya gue sekali lagi.. ibu-ibu itu bilang ke gue maaf mas tapi karcis nya udah di pake/ (udah di bolongin sama pengecek karcis tadi), belum sempet gue jelasin dia buru buru pergi, dalam hati gue bilang “gue tau bu, tapi gue Cuma butuh karcis supaya di stasiun bekasi gue bisa keluar dan bisa beli karcis comuter tujuan manggarai”, lagian di kerawang kan ga ada pengecekan karcis ke luar, buat apa sih tuh ibu-ibu bawa pulang karcisnya pulang kerumah, gue ngerasa ibu-ibu yang tadi adalah kolektor karcis nyampe karcis bekasnya ga di kasih ke gue yang udah susah payah ngemis-ngemis, atau juga mungkin tuh karcis buat di kumpulin, di kilo terus di jual..

Seharusnya gue pakai cara lain yang lebih ekstrim, pas ibu itu mau kabur gue sandra anaknya, gue ancam ga akan ganti popok nya keculi karcis bekasnya di kasih ke gue,

Saat gue ngerasa semua harapan gue udah habis, ternyata ada bapak-bapak gemuk ber baju kotak-kotak yang ga sengaja ngeliat gue dari kejauhan dan seperti faham akan masalah yang kini gue alami, bapak-bapak tadi ngehampirin gue seperti seorang malaikat dengan cahaya di atas kepalanya, nah loh, orang apa malaikat. Yang kayak di film-film.

Bapak itu bilang nih mas pakai karcis saya aja sambil memberikan tiket bekasnya ke tangan gue, seketika seperti terdengar suara lagu GREEN DAY- AMERICAN IDIOT, gerak slowmotion .

Dia langsung berlalu mungkin buru-buru, atau mungkin takut di hipnotis juga, entahlah.. karena bapak-bapak tadi udah jalan agak jauh, gue pun sedikit teriak “ makasih yah pak” saat kereta mulai kembali melaju gue pun berlari dan masuk ke kereta dengan tiket bekas di tangan gue, saat gue berlari ke dalam pintu kereta seperti terdengar suara lagu  GREEN DAY- GIVE ME NOVACAINE,  gerak slowmotion . dengan karcis di tangan, gue liat ke jendela melihat bapak-bapak tadi yang berjalan dan hilang dalam keramaian.

Lalau gue nyari tempat duduk, setelah dapat, ga lama dari kejauhan gue liat ada petugas pengecekan tiket dan di belakangnya 2 security yang ber tubuh besar mengawal si tukang pengecek tiket, anjriiit.. sepontan gue cek karcis yang si bapak tadi kasih, oh nooooooo,.. karcis nya udah bolong, artinya karcis ini udah di cek sebelum kereta sampe ke setasiun karawang, gue mulai panik, se panik-paniknya, dan udah mikir yang ngga-ngga kalo ketauan gue ga punya karcis bisa-bisa di seret ini, jangan-jangan gue bakal di lempar di kereta saat kereta jalan, gimana neeeh adoooh.. apa gue pura-pura tidur aja kali yah, lah kalo di bangunin gimana, kalo gue ketauan pura-pura tidur terus di lempar ke luar gimana, kenapa gue mikir bakal di lempar mulu yah, mungkin kebanyakan nonton film, apa gue pura-pura ayan aja yah... tuhaaaaaan tolong hamba.

Akhirnya gue Cuma bisa pasrah aja, pengecekan pun sampe ke bangku gue, pertama yang di cek orang yang lagi tidur di samping gue, ternyata bener orang yang lagi tidur pun di bangunin, dan di cek karcis nya, tapi dia punya karcis, gue kira  pura-pura tidur, gue pura-pura aja maenin hp, pas giliran gue di minta karcis, jantung gue terasa berhenti berdebar sesaat, gue kasi aja dengan pasrah itu karcis bekas, yang gue rasain waktu itu kayak lagi ngasi surat cinta sama cewe, deg degan dengan reaksi si pengecek karcis yang bakal di lakuin sama gue, pertama di buka sama dia dan di liat bekas bolongan nya beberapa waktu di amati akhirnya

JREEEEEENNGGGG... itu tiket di kembaliin ke gue, dan dia kembali ngecek karcir penumpang lain, dan gue pun selamat dan tidak di lempar ke luar kereta, mungkin dia ngira kalo gue naek kereta dari setasiun sebelumnya, mungkin juga dia kasian kalo mu ngelempar gua ke luar kereta, secara gue masih muda, masa depan gue masih panjang, banyak hal yang belum gue lakuin di dunia ini, dan yang terpenting gue masih perjaka, gue baru inget, hari itu gue belum ngasi makan ikan cupang yang gue piara di dalem botol aqua di jendela kontrakan gue,.

Setelah kejadian itu sampailah di stasiun bekasi, gue keluar dari besi tua yang di sebut kereta itu menuju pintu keluar dan hendak membeli tiket comuter, tapi sungguh antrian nya begitu panjang, gue paling males ngantri, tiba-tiba gue inget kalo gue punya kartu flazz BCA, tanpa ngantri lagi gue pake aja tuh kartu buat kembali masuk ke stasiun bekasi dan nyari kereta jurusan manggarai, setelah dapet gue pun langsung masuk ga peduli dh walau sempitnya tuh kereta sama manusia-manusia, gue sempet mikir, ni orang segitu banyaknya mau pada kemana sih, jam udah nunjukin pukul 08:24 menit,

Selang beberapa puluh menit gue sampe juga di manggarai, dan langsung nyari kereta jurusan bogor, sungguh perjalanan yang panjang, setelah dapet gue langsung masuk, untungnya kereta ga begitu padet, dan gue dapet tempat duduk,

Tapi ada hal yang membuat gue risih ada bapak-bapak gendut pake seragam PNS yang ngeliatin gua mulu, kebetulan dia ga kebagian duduk, usianya sih ga tua-tua banget, mungkin mukanya aja yang di tua-tuain biar gue ngasih tempat duduk buat dia, karena gue ga mau ngasih tempat duduk buat dia, gue pura-pura aja tidur, pas gue liat dia lagi ternyata muka dia masih di tua-tuain, malah jauh lebih tua, biar dapet tempat duduk, gue pura-pura aja maen hp, memang ada beberapa orang yang ga dapet tempat duduk, selain orang tua yang ga tua-tua banget ada juga pemuda yang ga punya pantat, jadi dia ga bisa duduk dan kepaksa berdiri,

Ga lama kemudian cowo di samping gue malah ngasi tempat duduknya buat orang tua tadi, anyiiIIir ternyata selain pinter ngerubah muka jadi tua dia pun punya kapasitas ngeluarin bau yang ga enak, sebelum gue kehilangan kesadaran karena di bauin sama bapak-bapak tadi, gue harus pindah tempat neh, di stasiun berikutnya ada ibu-ibu masuk, gue inisiatif ngasih tempat duduk buat si ibu, si ibu pun duduk di tempat gue dan gue akhirnya selamat dan terbebas dari bau si bapak, andai gue berani nanya, gue pengen nanya ke si bapak, “bapak tadi pagi mandi pake aer comberan yah pak” sayangnya gue ga mau ambil resiko jangan-jangan kalo gue nanya, nanti kepala gue di sundul lagi..

Akhirnya gue diri di dekat pintu di seberang bapak tadi, gue perhatiin si ibu koq ngga ngrasa bau yah, mungkin si bapak bisa bau kalo lagi kesel doang kali, sekarang itu bapak malah tidur dengan kejamnya ngadep keatas sambil mangap, kalo aja gue bawa garem, gue pengen garemin dikit tuh mulut nya, yah kira-kira 2 konteiner biar dia ke asinan,

Karena gue pegel, akhirnya gue duduk sambil nyender deket pintu, mana stasiun bogor masih jauh lagi, enak-enak nyender ada security nepak pundak gue, kaget bukan main, jangan-jangan ni security di kereta tadi, ngikutin gue karena pengen lempar gue dari kereta yang ini, “maaf mas jangan duduk di lantai” kata dia, suee.. kirain gue mu lempar gue keluar, spontan gue langsung diri, lah jangan duduk di lantai sih.. ga tau gue pegel kali yah, apa gue duduk di pundak dia aja kali yah, kalo dia nanya gue tinggal balikin, katanya ga boleh duduk di lantai, tapi niat suci itu buru-buru gue singkirin, karena gue bukan monyet si buta dari  gua hantu yang suka duduk di pundang orang

Gue sampet kaget waktu ngeliat kode larangan yang ada di kereta yang ga ngeboleh ngebawa binatang masuk,

di kepala gue, tepatnya di bawah rambut kebetulan ada belasan kutu yang lagi pada arisan, karena hari ini adalah hari rabu jadi jadwal nya mereka pada kumpul-kumpul di kepala gue, kadang juga bikin acara maen futsal, reonian, tapi pas gue tau mereka mau ngadain bakar ayam gue sempet mikir emangnya kepala gue kebon apa yah, pake acara ngundang segala lagi ke RT kutu di komplek sebelah. Untung nya tuh kutu ga berisik, jadi gue ga ketauan bawa binatang.

Kalo gue boleh bikin peraturan di kereta gue bakal bikin “dilarang ngerubah muka di tua-tuain dan ga boleh ngebauin penumpang lain dengan bau badan yang mirip bau aroma comberan”

Tiap hendak sampai di stasiun-stasiun operator entah dari mana ngasi info di pengeras suara tadinya sih biasa aja, sampai gue denger dari pengeras suara “sebentar lagi rangkaian kereta akan memasuki stasiun pondok cina” di situ gue langsung celingukan ke segala arah di gerbong, gue nyari apa ada orang cina yah di sini, gue rasa  tuh operator becandanya udah kelewatan, ngatain orang cina pondok, gue bingung emang yang pondok apanya, kenapa ga bilang aja “sebentar lagi rangkaian kereta akan memasuki stasiun cina  ga usah lah ngejelek-jelekin bangsa lain, toh mereka juga kan sama seperti kita, manusia-manusia juga.
Ga lama kemudian kereta pun sampe juga di stasiun bogor,

Setelah banyak hal yang gue alamin hari ini, saat kereta berhenti bapak-bapak yang tadi pengen gue garemin mulutnya masi ter tidur pulas dengan posisi wajah menghadap atas dengan mulut terbuka, untung dia tidur di kereta, coba tidur di pasar pasti mulutnya udah di penuhin lalat..

Gue pun pergi ninggalin gerbong bersama kenangan di dalamnya, anjriiit bahasanya.. gue ga tau sekarang gimana nasib si bapak di gerbong, mungkin dia kebawa lagi ke stasiun entah dimana, atau mungkin mulut nya udah ada yang garemin sama orang laen, entahlah..  perjalanan gue lanjut ke pintu keluar karna gue pake flazz bca jadi ga usah balikin kartu jaminan buat di tuker duit di kasir, kaki gue melangkah menuju jalan raya di depan stasiun, sudah banyak berubah rupanya wajah kota kelahiranku, tapi masih tetap banyak penjual kali lima yang ber jejeran sepanjang jalan sekitaran stasiun, gue ga tau gimana kalau semua ini hilang, pasti ga se asik ini, sekali gue ngelirik ke arah tatos(taman topi square) gue jadi inget pernah nonton rege bareng temen gue, sama gue juga inget cewe rege yang pernah jadi pacar gue selama sebulan doang, entah apa dia masih inget sama gue apa ngga.

Gue nyari angkot arah stasiun laladon, masi 2 kali lagi gue naek turun mobil, setelah dapet gue duduk paling belakang sayang padahal gue paling suka duduk di depan tapi udah ada se onggok orang yang nempatin, roda mobil angkot terus berputar seakan menambah ringan dan terobati rasa rindu terhadap rumah dan kampung halaman, tiap momen di kota bogor kembali terukir nyata, sambil ngeliat pemandangan di kaca angkot gue kembali tersenyum,    gue kembali ke bogor kawan....

Sampai di laladon gue nyari angkot jurusan ke kampung gue angkot tumaritis,

Eentah apa artinya, arti tidak penting, 1 yang penting itu adalah nama angkot yang setia itu selalu bisa bawa gue  pulang ke rumah, dimanapun gue berada,, sejauh apapun kaki gue melangkah, selama apapun ku pergi, ia kan slalu ada mengantarkan ku kembali..

Ahkirnya perjalanan gue berakhir di sini, gue sampai rumah, dan mobil tumaritis yang gue tumpangi terus di pacu hingga kejauhan dan tidak terlihat lagi..

Satu pelajarang yang bisa gue ambil hari ini, “jangan tidur di dalam kereta, apalagi sambil mangap” gue ga tau apa artinya kayaknya otak gue mulai ngelantur lagi neeeeeh,....
Udah dulu yah buat postingan kali ini...

oya ini kucing gue, pas gue nulis kadang dia bantuin ngacak-ngacak keyboard, eh malah di tidurin juga tuh,..